Profil Desa Padawaras

Desa Padawaras merupakan satu dari empat belas desa yang terletak di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Awalnya desa ini merupakan bagian dari wilayah Desa Darawati, hingga akhirnya pada tanggal 28 Oktober 1988 benar-benar menjadi desa sendiri. Jarak desa dari pusat Kota Tasikmalaya sekitar 90 km.

Berikut ini merupakan batas-batas Desa Padawaras:

  • Sebelah utara         : Desa Darawati
  • Sebelah selatan       : Desa Cipatujah
  • Sebelah Barat         : Desa Nangrog
  • Sebelah Timur         : Desa Kertasari

Desa Padawaras terbagi menjadi empat dusun yang masing-masing dikepalai oleh seorang punduh (red: sebutan untuk kepala dusun). Rinciannya sebagai berikut:

  • Dusun Cikatulampa 1, dikepalai oleh Bapak Yadi
  • Dusun Cikatulampa 2, dikepalai oleh Bapak Daya
  • Dusun Padawaras, dikepalai oleh Bapak Pamungkas
  • Dusun Rancagiri, dikepalai oleh Bapak Memed

Geografis dan Topologi

Topografi: Topografi dari Desa Padawaras sendiri adalah berbentuk perbukitan dengan ketinggian daerah 70 mdpl, di atas permukaan laut

Aksesibilitas: Desa Padawaras berjarak 2 jam dari kota tasik, untuk mencapai desa ini kita bisa memilih kendaraan umum seperti Bus, ataupun minibus.

Masyarakat Desa Padawaras mayoritas menggunakan kendaraan Motor dan mobil Pick up sebagai kendaraan operasional mereka. namun tidak jarang pula para petani disana berjalan kaki untuk mencapai ladang mereka. Topologi lahan Desa Padawaras dan alam di sekitarnya menuntut lebih banyak akses dengan berjalan kaki. jalanan menanjak yang terkadang cukup terjal akan sering kita jumpai bila kita berkunjung ke pelosok dusun desa padawaras.


Pemanfaatan Lahan: Desa Padawaras memiliki luas 678 ha dengan penggunaan lahan sebagai perkebunan sebesar 75% dan sisanya digunakan untuk pemukiman, persawahan, dan fasilitas umum. Komoditi utama perkebunan di daerah Padawaras adalah karet sekitar 50% dari luas perkebunan.
Potensi Bencana alam: Di daerah Padawaras, potensi bencana yang ada secara umum adalah longsor karena di daerah ini ketahanan tanahnya lemah dan secara umum bentuk lahan agak curam.

Tata Pemerintahan

Berdasarkan data yang didapatkan, jumlah aparat pemerintahan Desa Padawaras sebanyak 12 orang, dengan 8 unit kerja dan terdapat 8 staf. Desa ini terdiri dari empat dusun, yaitu Dusun Cikatulampa 1, Dusun Cikatulampa 2, Dusun Padawaras, dan Dusun Rancagiri.

Dari hasil observasi, dapat dikatakan Desa Padawaras memiliki kelengkapan dari segi administrasi maupun pembukuannya, seperti Buku Profil Desa, Buku Keuangan, Buku Peraturan Desa, Buku Kependudukan, dan berbagai data administratif lainnya mencakup keseluruhan perangkat Desa Padawaras.

Ekonomi

Dari berbagai macam mata pencaharian yang ada di Desa Padawaras, dominasi sangat menonjol di bidang Pertanian. Ditunjang dari lahan yang tersedia di alam, banyak lahan persawahan sehingga Petani merupakan pekerjaan mayoritas di Desa Padawaras. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut.

Adapun rincian berbagai mata pencaharian sebagai berikut :

  • Petani                                                         : 1157 orang
  • Buruh tani                                                : 283 orang
  • PNS                                                             : 35 orang
  • Pengrajin industri rumah tangga   : 33 orang
  • Pedagang keliling                                  : 17 orang
  • Peternak                                                   : 25 orang
  • Montir                                                       : 39 orang
  • TNI                                                             : 1 orang
  • Pensiunan TNI/POLRI/PNS            : 6 orang
  • Pengusaha kecil dan menengah     : 95 orang
  • Dukun kampung terlatih                   : 3 orang
  • Karyawan perusahaan swasta        : 38 orang

Kesehatan

Di Desa Padawaras belum terdapat lembaga resmi yang menaungi bidang kesehatan. Sampai saat ini belum terdapat pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Jumlah tenaga kesehatan terdiri atas dua orang, yaitu satu orang bidan dan juru imunisasi, namun juru imunisasi telah dirumahkan.

Laporan kesehatan yang terdapat di Desa Padawaras merupakan laporan tahunan. Berdasarkan laporan tahun 2011, AKI sebanyak 1 orang yang disebabkan oleh komplikasi penyakit lainnya. Sementara untuk Angka Kematian Bayi, terdapat Kematian Neonatal (BBLR di RSU) 1 orang dan kematian Neo di Otopsi Verbal sebanyak 1 orang. Bayi Lahir selama tahun 2011 sebanyak 80 orang.

Sosial Budaya

kelembagaan

Setiap kedusunan memiliki Rukun Warga dan Rukun Tetangga. Wilayah Cikatulampa terdiri dari satu Rukun Warga, dua kedusunan, dan sepuluh Rukun Tetangga. Wilayah Padawaras memiliki satu Rukun Warga, satu kedusunan, dan empat Rukun Tetangga serta wilayah Rancagiri terdiri dari satu kedusunan dan empat Rukun Tetangga dan juga empat Rukun Warga.

keagamaan

Kegiataan keagamaan di Desa Padawaras cukup aktif dengan adanya forum-forum pengajian yang diadakan secara rutin disetiap dusun ataupun setingkat desa. Pengajian ini mendapat respon yang cukup baik dari warga masyarakat. Hal tersebut dikarenakan agama Islam yang menjadi mayoritas cukup kental di wilayah ini. Pengajian-pengajian baik yang dilakukan oleh ibu-ibu, bapak-bapak, ataupun muda-mudinya menjadi ruang publik tersendiri bagi mereka untuk berinteraksi satu sama lain, menjalin silaturahmi dan tali kekeluargaan serta saling bertukar cerita

interaksi sosial

Interaksi yang terjalin di desa ini cukup baik karena setiap orang saling bertegur sapa setiap berpapasan di jalan. Kemudian ruang-ruang publik pun terbuka luas baik itu di sawah, di warung kopi, ketika pengajian, ataupun di tempat-tempat umum lainnya. Interaksi yang terjalin ini bisa dikatakan dekat dan mesra karena setiap orang saling mengenal bahkan meskipun berbeda dusun.

Pertanian

Pertanian merupakan aspek yang sangat penting berperan dalam kehidupan masyarakat desa padawaras, karena hampir seluruh masyarakatnya bermata pencaharian sebagai seorang petani. Tidak hanya unggul dalam budidaya tanaman pangan, desa padawaras juga unggul dengan tanaman perkebunannya. Hal ini dapat dilihat dari berdirinya sebuah perkebunan karet swasta di Desa Padawaras, yakni PT. Padawaras.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, adapun komoditas yang berpotensi besar untuk terus dikembangkan di desa padawaras adalah tanaman pangan, yaitu padi dan tanaman perkebunan, yaitu karet. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut.

  • Untuk lahan pertanian tanaman pangan, ada sekitar 966 jumlah keluarga yang memiliki lahan pertanian,
  • Untuk lahan pertanian tanaman buah-buahan, ada sekitar 266 keluarga yang memiliki lahan perkebunan.
  • Untuk lahan perkebunan, ada sekitar 461 keluarga yang  memiliki perkebunan.

        

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s